KENALKAN: PROBIOTIK

Pintu masuk ke dunia pertanian dan peternakan modern, anda harus mengenal lebih dahulu apa yang dinamakan Probiotik. Dalam pemahaman saya Probiotik adalah semacam ragi yang dipakai untuk meragii, seperti ragi tape dipakai untuk meragii bahan untuk tape. Baik ragi maupun Probiotik sama-sama bersifat membusukkan dengan memanfaatkan bakteri pembusuk atau bakteri pengurai, dengan maksud mempercepat proses pembusukan dari alamiahnya. Suatu proses yang panjang yang memakan waktu berbulan-bulan bisa dipersingkat melalui peragian itu.

Namun ada baiknya saya kutipkan penjelasan ilmiahnya dari Wikipedia;



 


Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna denganasam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadiasam laktat. Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tetapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.
Probiotik seringkali direkomendasikan oleh dokter, dan, lebih sering lagi, oleh ahli nutrisi, setelah pengkonsumsian antibiotik, atau sebagai bagian dari pengobatan candidiasis. Banyak probiotik disediakan dalam sumber alaminya sepertiLactobacillus pada yoghurt dan sauerkraut. Beberapa mengklaim probiotik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dari Probiotik larinya ke pupuk kompos. Dari pupuk kompos bisa dipergunakan untuk pertanian maupun peternakan. Dengan kata lain Probiotik untuk membuat pupuk kompos, sedangkan pupuk kompos sama-sama diperlukan, baik oleh pertanian maupun peternakan.

Pupuk kompos memang ada di pasaran, di toko-toko pertanian. Begitu pula dengan Probiotik juga ada di toko-toko pertanian. Kita tinggal beli, habis perkara. Tapi masalahnya secara ekonomis kita perlu menghemat sehemat-hematnya, perlu melakukan penekanan biaya di sana-sini, supaya bisa lebih menguntungkan. Dan membuat sendiri itu semua pasti akan lebih murah. Tapi sayangnya tidak semua orang dimungkinkan untuk membuat sendiri. Terutama untuk orang yang tinggal di kota, di lahan sempit dan skala kerjanya kecil-kecilan, maka mau tak mau yang paling tepat adalah membeli jadi. Tapi untuk orang yang tinggal di desa seperti saya, yang paling tepat adalah membuat sendiri.

Image result for gambar probiotik

Image result for pupuk kompos


Keterangan gambar: sekedar contoh, bukan promosi.

Untuk berbagi dengan orang-orang yang ingin membuat sendiri itulah perlunya hal ini saya tuliskan. Sebab selain dalam rangka menghemat biaya juga dalam rangka memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan membuatnya sangat mudah.

Membuat Probiotik itu ada bermacam-macam metodenya, tapi saya pilihkan yang sederhana-sederhana saja. Yang paling sederhana adalah carilah buah-buahan yang sedang membusuk, artinya belum terlalu busuk, potong kecil-kecil, masukkan ke botol Aqua ukuran apa saja sebanyak setengah botol, lalu isilah dengan air sampai 3/4 botol, kasih gula pasir seujung sendok atau sesendok untuk botol besar, lalu tutuplah rapat-rapat.



Sering-sering kontrollah, jika botol mengeras bukalah tutupnya akan kedengaran bunyi: "Ces!" seperti Coca Cola, lalu semakin lama semakin berbau alkohol, maka itu tandanya jadi, Probiotik siap digunakan.

Metode yang lebih baik lagi jika menggunakan ragi tape, buah nanas dicacah halus, air kelapa, air cucian beras dan gula 2 sendok. Jumlah air cucian beras, air kelapa dan air biasa = 10 liter, lalu bagikan ke 11 botol Aqua besar, tutup rapat botol-botolnya, perlakukan kontrol seperti cara yang diatas, yaitu sering-sering dibuka supaya tidak meledak. Jika larutan itu berbau seperti alkohol, maka Probiotik itu sudah siap digunakan.

Jadi, kalau anda hendak bertani maupun beternak, kenalilah dulu bahan Probiotik itu dan persiapkan dulu.

Kiranya tulisan ini memberkati anda. Amien!

Comments

Popular posts from this blog

PROPOSAL KEGIATAN PADEPOKAN LEWI