SEPERTI ABDI ALLAH DARI YEHUDA

Salah seorang anak Yakub; Yusuf, menjadi perdana menteri di negara Mesir, bukan di negaranya sendiri: Israel. Sama seperti YESUS atau Kristen yang menjadi besar di antara bangsa-bangsa lain, bukan besar di Israel. Di negeri Mesir itulah Yusuf mempunyai 2 orang anak, yaitu: Manasye dan Efraim, sama seperti Kekristenan yang melahirkan 2 gereja besar, yaitu: Roma Katolik dan Kristen.

Di zaman Saul, Daud dan Salomo, Israel masih satu kerajaan, sama seperti di zaman Perjanjian Lama, agama hanyalah ada satu, yaitu: agama Yahudi. Tapi sepeninggal raja Salomo, ALLAH membagi kerajaan Israel menjadi 2 bagian, yaitu: Israel Utara dan Yehuda, sama seperti di Perjanjian Baru di mana dunia mengenal 2 agama, yaitu: agama Yahudi dan Kristen.

Dua suku; Benyamin dan Yehuda, tetap dipegang oleh keluarga Daud, yaitu: Rehabeam, anak Salomo, sedangkan sepuluh suku diserahkan kepada Yerobeam, keturunan Efraim, sama seperti agama Yahudi saat ini yang masih dipertahankan oleh dua suku di negara Israel sekarang ini. Sedangkan tentang sepuluh suku disebut sebagai suku-suku Israel yang terhilang, sama seperti Kekristenan yang tidak lagi berbau Keyahudian lagi.

Sepuluh suku di tangan Yerobeam yang keturunan Efraim itu keagamaannya menjadi rusak karena disesatkan oleh Yerobeam. Sama seperti Kekristenan yang menjadi rusak ketika dikuasai oleh Roma Katolik.

1Raja-raja 12:28

Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
12:29Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.
12:30Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.

Yerobeam mulai menyesatkan bangsa Israel dengan membuat 2 patung anak lembu emas yang ditempatkan di Betel dan di Dan, dan menyatakan patung anak lembu emas itu sebagai ALLAH Israel. Itulah agama Roma Katolik dan Kristen yang menggantikan YAHWEH dengan "Allah" dan menyatakan "Allah" itu Yesus.

1Raja-raja 12:32

Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang di Yehuda, dan ia sendiri naik tangga mezbah itu. Begitulah dibuatnya di Betel, yakni ia mempersembahkan korban kepada anak-anak lembu yang telah dibuatnya itu, dan ia menugaskan di Betel imam-imam bukit pengorbanan yang telah diangkatnya.
12:33Ia naik tangga mezbah yang dibuatnya di Betel itu pada hari yang kelima belas dalam bulan yang kedelapan, dalam bulan yang telah direncanakannya dalam hatinya sendiri; ia menentukan suatu hari raya bagi orang Israel dan ia naik tangga mezbah itu untuk membakar korban.

Yerobeam membuat hari raya menurut rekaan hatinya sendiri sama seperti yang diperbuat Roma Katolik yang menciptakan hari Natal sebagai hari raya kelahiran Yesus.

1Raja-raja 12:30Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.

Kekristenan terbentang dua: Roma Katolik dengan gereja-gereja Kristen.

Karena kekurangajaran Yerobeam itulah ELOHIM YAHWEH mengutus seorang nabi dari Yehuda, yang Alkitab hanya menyebutnya: "abdi ALLAH dari Yehuda". Nabi itu tak disebutkan namanya, artinya bukan dari kalangan orang terkenal, sama seperti saya yang terhina dari kalangan manusia. Tapi yang jelas dia adalah hamba ALLAH dari Yehuda, sama seperti saya yang adalah hamba YESUS yang berasal dari suku Yehuda;

Ibr. 7:14Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam.

1Raja-raja 13:1Sedang Yerobeam berdiri di atas mezbah itu sambil membakar korban, maka atas perintah TUHAN datanglah seorang abdi Allah dari Yehuda ke Betel.

Tentang abdi ALLAH itu tak ada keterangan asal-usul maupun pendahuluannya, sama seperti saya yang menjadi penginjil secara dadakan;


1Raja-raja 13:2

Lalu atas perintah TUHAN berserulah orang itu terhadap mezbah itu, katanya: "Hai mezbah, hai mezbah! Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya seorang anak akan lahir pada keluarga Daud, Yosia namanya; ia akan menyembelih di atasmu imam-imam bukit pengorbanan yang membakar korban di atasmu, juga tulang-tulang manusia akan dibakar di atasmu."
13:3Pada waktu itu juga ia memberitahukan suatu tanda ajaib, katanya: "Inilah tanda ajaib, bahwa TUHAN telah berfirman: Bahwasanya mezbah itu akan pecah, sehingga tercurah abu yang di atasnya."

Abdi ALLAH itu berbicara kepada mezbah, bukan kepada Yerobeam, sama seperti saya yang berdiri menentang ajaran dan kelembagaan gereja, bukan menentang pribadi orang. Yosia, keturunan Daud akan melenyapkan segala kefasikan Israel, sama seperti saya yang merobohkan ajaran-ajaran palsu produksi gereja-gereja masa kini.

1Raja-raja 13:4

Demi raja Yerobeam mendengar perkataan abdi Allah yang diserukannya terhadap mezbah di Betel itu, ia mengulurkan tangannya dari atas mezbah dan berkata: "Tangkaplah dia!" Tetapi tangan yang diulurkannya terhadap orang itu menjadi kejang, sehingga tidak dapat ditariknya kembali.
13:5Mezbah itupun pecahlah, sehingga abu yang di atasnya tercurah, sesuai dengan tanda ajaib yang diberitahukan abdi Allah itu atas perintah TUHAN.

Raja Yerobeam yang ingin menangkap abdi ALLAH itu tiba-tiba tangannya kejang, sama seperti orang-orang yang berusaha membantah argumentasi saya, terdiam, tak sanggup membantahnya.

1Raja-raja 13:7

Kemudian berbicaralah raja kepada abdi Allah itu: "Marilah bersama-sama dengan aku ke rumah, segarkan badanmu, sesudah itu aku hendak memberikan suatu hadiah kepadamu."
13:8Tetapi abdi Allah itu berkata kepada raja: "Sekalipun setengah dari istanamu kauberikan kepadaku, aku tidak mau singgah kepadamu; juga aku tidak mau makan roti atau minum air di tempat ini.

Raja Yerobeam merayu abdi ALLAH itu supaya mau diajaknya makan-makan dan diberinya hadiah-hadiah, sama seperti saya yang pernah ditawari pendeta Jonathan Kuntaraf, pejabat Gereja MAHK, akan dipeliharanya hidup saya seberapapun kebutuhan saya, asalkan saya menuruti kemauannya. Kalau tidak salah itu di tahun 2013-an dan saya tolak dengan tegas.

1Raja-raja 13:9

Sebab beginilah diperintahkan kepadaku atas firman TUHAN: Jangan makan roti atau minum air dan jangan kembali melalui jalan yang telah kautempuh itu."
13:10Lalu pergilah ia melalui jalan lain dan tidak kembali melalui jalan yang telah diambilnya untuk datang ke Betel.

Saya yang berkomitmen meninggalkan keduniawian jangan sekali-sekali kembali ke keduniawian.

1Raja-raja 13:11

Di Betel diam seorang nabi tua. Anak-anaknya datang menceritakan kepadanya segala perbuatan yang dilakukan abdi Allah pada hari itu di Betel. Mereka menceriterakan juga kepada ayah mereka perkataan yang dikatakannya kepada raja.
13:12Kemudian ayah mereka bertanya: "Dari jalan manakah ia pergi?" Lalu anak-anaknya menunjukkan kepadanya jalan yang diambil abdi Allah yang datang dari Yehuda itu.
13:13Ia berkata kepada anak-anaknya: "Pelanai keledai bagiku!" Mereka memelanai keledai baginya, lalu ia menunggangnya
13:14dan pergi mengikuti abdi Allah itu dan mendapatinya duduk di bawah sebuah pohon besar. Ia bertanya kepadanya: "Engkaukah abdi Allah yang telah datang dari Yehuda?" Jawabnya: "Ya, akulah itu."
13:15Katanya kepadanya: "Marilah bersama-sama aku ke rumah untuk makan roti."
13:16Tetapi jawabnya: "Aku tidak dapat kembali bersama-sama engkau dan singgah kepadamu; aku tidak dapat makan roti atau minum air bersama-sama engkau di tempat ini,
13:17sebab telah diperintahkan kepadaku atas firman TUHAN: Jangan makan roti atau minum air di sana. Jangan berjalan pulang melalui jalan yang telah kauambil itu."
13:18Lalu jawabnya kepadanya: "Akupun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya.
13:19Kemudian orang itu kembali bersama-sama dia, lalu makan roti dan minum air di rumahnya.

Di kota Betel ada seorang nabi tua yang berhasil mengajak abdi ALLAH dari Yehuda itu untuk melanggar titah TUHAN dengan cerita bohong bahwa ada seorang malaikat yang menyuruh nabi tua itu, persis, seperti saya yang bersedia kembali ke keduniawian dan bersedia tinggal di rumahan, di desa Ngrimbi, kabupaten Jombang. Selama 7 bulan saya di Ngrimbi, saya dikasih fasilitas 2 Handphone, Personal Computer dan diusahakan memiliki KTP. Karena upah yang diberikan tidak mencukupi, maka pusinglah saya setiap hari memikirkan duit, duit, duit. Bayar listrik selalu terlambat, kalau perlu LPG harus siap uang Rp. 20.000,-, kalau perlu internet harus siap uang Rp. 60.000,- untuk pulsanya, sedangkan kalau hendak belanja ke pasar harus bayar ojek Rp. 20.000,- Jiwa saya tertekan sekali, maka manakala tidak ada lagi kejelasan nasib saya, sayapun angkat tangan, mengundurkan diri dari Ngrimbi.

Dengan susah payah pak Sonny mengusahakan saya KTP. Tinggal selangkah lagi, yaitu semingguan lagi KTP itu sudah jadi ketika saya mengundurkan diri dari Ngrimbi. Tapi semua fasilitas modern, fasilitas keduniawian itu kini saya lepaskan, baik rumah, ladang, Handphone, komputer maupun KTP. Saya kini kembali ke jalanan, seperti yang saya jalani sejak tahun 2004. Tapi jiwa saya kembali tenang dan damai sejahtera senantiasa.

1Raja-raja 13:20

Sedang mereka duduk menghadapi meja, datanglah firman TUHAN kepada nabi yang telah membawa dia pulang.
13:21Ia berseru kepada abdi Allah yang telah datang dari Yehuda: "Beginilah firman TUHAN: Karena engkau telah memberontak terhadap titah TUHAN dan tidak berpegang pada segala perintah yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu,
13:22tetapi kembali dan makan roti dan minum air di tempat ini walaupun Ia telah berfirman kepadamu: Jangan makan roti atau minum air, --maka mayatmu tidak akan masuk ke dalam kubur nenek moyangmu."
13:23Setelah orang itu makan roti dan minum air, dipelanailah keledai baginya.
13:24Orang itu pergi, tetapi di tengah jalan ia diserang seekor singa dan mati diterkam. Mayatnya tercampak di jalan dan keledai itu berdiri di sampingnya; singa itupun berdiri di samping mayat itu.
13:25Orang-orang yang lewat melihat mayat itu tercampak di jalan dan singa berdiri di sampingnya. Dan mereka menceriterakannya di kota tempat kediaman nabi tua itu.
13:26Ketika hal itu kedengaran kepada nabi yang telah membujuk dia berbalik kembali, ia berkata: "Dialah abdi Allah yang telah memberontak terhadap titah TUHAN. TUHAN menyerahkan dia kepada singa, yang mencabik dan membunuhnya sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepadanya."

Abdi ALLAH dari Yehuda itu diterkam singa! Genap sebulan saya meninggalkan Ngrimbi, Indonesia diguncangkan oleh ulah teroris. Mulai dari membuat keributan di Mako Brimob, mengebom 3 gereja di Surabaya, menyerang Polresta Surabaya, hingga penyerangan ke Mapolda Riau. Akibatnya polisi membuat status siaga I, di mana-mana ada razia polisi gabungan, termasuk Satpol PP. Wouh, sekalipun saya bukan teroris, bisa lolos dari tentara dan polisi, tapi karena nggak punya KTP, saya pasti akan diserahkan ke Satpol PP. Dan jika itu terjadi maka matilah saya. Sebab jika orang tak punya KTP dan tak punya keluarga dimasukkan ke Panti Sosial, maka dia akan dikurung di sana selama-lamanya. Sebuah tempat yang menyeramkan sekali, yang orang gilapun lari ketakutan kalau ketemu Satpol PP. Sebab di sana adalah tempat yang super jorok, tak ada lagi Hak Asasi Manusia dan hidup disatukan dengan orang-orang gila. Pokoknya, ngeri sekali, deh! Penjara saja ada sidang pengadilannya dan ada batas waktu pemenjaraannya. Tapi Panti Sosial tak ada persidangan dan tak ada batas waktunya.

Hidup saya seperti dicabik-cabik singa!

Tapi yang jelas ada 2 kekuatan yang sedang beradu saat ini, yaitu kekuatan dunia melawan kuasa ALLAH. Di pihak dunia ada TNI, polisi dan Satpol PP, yang seekor semutpun tak mungkin bisa meloloskan diri. Namun ALLAH menyanggupkan seorang gembala kambing; nabi Musa, untuk menghadapi seorang raja besar: Firaun, atau seorang nelayan, yaitu rasul Petrus, yang dijebloskan penjara, dikeluarkan oleh malaikat dari penjaranya.

Saya tidak tahu akan seperti apa nasib saya; apakah seperti nabi Musa, apakah seperti rasul Petrus, atau justru seperti YESUS yang disalibkan oleh Pontius Pilatus? Saya pasrah seperti YESUS;

Mat. 26:39Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

Bagi saya, setiap hari bisa selamat adalah keberuntungan yang besar sekali.

Hasil gambar untuk gambar singa


Comments

Popular posts from this blog

PROPOSAL KEGIATAN PADEPOKAN LEWI

JEMAAT KRISTEN YANG RIIL

MULAI MENANAM LELE