KRISTEN – ALKITAB - PERTANIAN - PETERNAKAN



Berbicara tentang Kristen tentulah itu berkaitan erat dengan Alkitab sebagai Kitab Suci Kristen. Berbicara tentang Alkitab tentulah itu berkaitan erat dengan alam semesta dan ALLAH Sang Pencipta.

Alkitab dibuka dengan kata-kata pertamanya: ” Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” Dan di enam hari penciptaan suasananya adalah suasana alam semesta; ada siang, ada malam, ada matahari, ada bulan dan bintang, ada tumbuh-tumbuhan, ada binatang dan ada manusia. 

Hasil gambar untuk gambar hutan

Lalu ALLAH menempatkan manusia; Adam dan Hawa di sebuah taman, yaitu taman Eden. Di taman Eden itulah manusia dalam keadaan suci, di taman Eden itulah manusia dicobai, dan di taman Eden pula manusia jatuh ke dalam dosa. Proses kehidupan manusia; Adam dan Hawa ada di taman Eden.

Hasil gambar untuk gambar taman alami

Alkitab juga didahului dengan pekerjaan-pekerjaan; pekerjaan ALLAH mencipta, pekerjaan Adam dan Hawa memelihara taman Eden, dan pekerjaan Kain dan Habel adalah pertanian dan peternakan.

Pekerjaan seseorang selalu diceritakan dalam Alkitab. Setiap kali Alkitab menyebutkan nama orang, disebutkan pula pekerjaannya;

Kej. 9:20          Nuh menjadi petani; dialah yang mula-mula membuat kebun anggur.

 Hasil gambar untuk gambar orang menyiram tanaman

Dan pekerjaan pertanian dan peternakan merupakan pekerjaan yang paling dominan dalam Alkitab, bahkan para rasul yang duabelas orang itu kebanyakannya adalah nelayan penjala ikan. Tapi sayang kebanyakan orang Kristen perkotaan sekarang ini banyak yang sudah asing dengan dunia pertanian dan peternakan. Tempat tinggalnya saja sudah menjauhi wilayah pertanian dan peternakan, yaitu di kota-kota besar yang semakin hari semakin menyingkirkan persawahan. Tempat kerjanya bukan lagi beratap langit dan beralas bumi, melainkan sudah menutupi langit dan menutupi bumi, dengan lantai-lantai perkantoran. Lingkungannya sudah meja dan kursi, bukan lagi tumbuh-tumbuhan dan pepohonan.

 Hasil gambar untuk gambar kantoran

Pakaiannya adalah kain yang indah-indah, bukan lagi lumpur dan tanah. Orang-orang kota telah menjadikan dirinya manusia yang asing yang berbeda keberadaannya dari orang-orang desa. Bahkan orang-orang desa suka diremehkannya sebagai orang-orang yang ketinggalan zaman. Orang-orang kota lebih menyukai barang-barang hasil karya manusia, hasil produksi pabrikan, bukan alam ciptaan TUHAN.

 Hasil gambar untuk gambar pabrik garmen

Padahal semua orang kota, siapa dan apapun jabatannya kehidupannya ditopang oleh hasil pertanian dan peternakan. Baik nasi yang dimakan maupun ayam goreng yang dijadikan lauknya, bukankah itu hasil pertanian dan peternakan?

Hasil gambar untuk gambar seberkas padi

Yah, orang-orang Kristen, sangat disayangkan sekali telah jauh meninggalkan lingkungan Alkitab, yaitu lingkungan pertanian dan peternakan. Tentu saja yang selalu dijadikan alasannya adalah mahalnya harga tanah sehingga tak mempunyai lahan untuk menanam sesuatu di rumahnya. 

Hasil gambar untuk gambar melambungnya harga tanah

Harga tanah mahal sehingga tak mempunyai lahan untuk pertanian dan peternakan.

Baiklah, perkenalkan nama saya: Rudyanto, selaku manager proyek Padepokan Lewi, divisi Agriculture, dari Perhimpunan Pustaka Lewi yang beralamat di desa Ngrimbi, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang. Kami, mempunyai lahan pertanian yang cukup luas di alamat tersebut di atas untuk maksud supaya didirikan sebuah panti wredha. Dalam rangka penggalian dana untuk maksud tersebut sekaligus merupakan upaya kami untuk mendekatkan orang-orang Kristen ke alam Alkitab, kami menyediakan lahan yang bisa anda pakai untuk pengenalan dan pembelajaran pertanian dan peternakan.

Kami perkenalkan kepada anda tanaman Ginseng Jawa atau Som Jawa, sebagai tanaman yang banyak kegunaannya dan yang paling mudah dibudidayakan. Ginseng Jawa ini daunnya bisa disayur dalam berbagai masakan, seperti: tumis, lodeh, sayur bening, nasi goreng, bakmi goreng, bakso, mie ayam, pangsit mie, cap jay, lalapan nasi Padang, mie goreng, mie rebus, dan lain-lainnya, sebagai pengganti sawi yang rasanya lebih enak. Batangnya bisa dijadikan tanaman hias, di tanam dalam pot atau polybag, sedangkan akarnya untuk obat penambah stamina pria.

 Hasil gambar untuk gambar ginseng jawa

 Hasil gambar untuk gambar ginseng jawa polybag

Hasil gambar untuk gambar ginseng jawa



Cara penanamannya juga sangat mudah, tidak ribet, tidak banyak menuntut sehingga tepat sebagai pelajaran pertanian awal.

Kami ada sebuah lahan yang saat ini ditanami tebu. Kami mau merubah tanaman tebu yang merusakkan tanah itu diganti dengan tanaman Ginseng Jawa tersebut. Jika anda hendak memakainya, kami akan bersihkan itu. Tanah akan kami ratakan supaya di situ bisa ditempatkan polybag-polybag milik anda. Kami tidak menarik sewa lahan, tapi kami jual kepada anda bibit Ginseng Jawa. Sebatang Ginseng Jawa dalam polybag kami jual seharga Rp. 10.000,-, di mana itu meliputi penebangan tebu, pemupukan dan perawatan.

 Hasil gambar untuk gambar kebun tebu

Lokasi itu akan kami beri nama gereja anda, misalnya: ”GINSENG GKI” Jika jumlah jemaat di sini 100 orang, baiknya anda memiliki 100 atau 200 polybag. Kami akan tempatkan polybag-polybag milik anda itu di sana dan akan kami rawat sebaik-baiknya. Setiap minggu akan kami photo dan akan kami kirimkan ke WhatsApp anda sebagai pelaporannya. Setelah 3 bulan waktunya panen kami beritahukan ke anda, dan anda bisa menyelenggarakan acara ibadah taman di lokasi tersebut sekaligus mengambil polybag-polybag tersebut untuk dibudidayakan di rumah jemaat masing-masing. 

Hasil gambar untuk gambar polybag ginseng jawa 

Hasil gambar untuk gambar ibadah taman

Jika anda tertarik dengan tawaran kami tersebut silahkan menghubungi kami; Rudyanto; HP: 081217632980, WhatsApp: 089622057770, E-mail: puteragembala_pg1@yahoo.co.id, Rekening: a/n. Pustaka Lewi, Bank JATIM: 0322810296 (harap beritahu saya).



PUSAT GINSENG JAWA NGRIMBI

Comments

Popular posts from this blog

PROPOSAL KEGIATAN PADEPOKAN LEWI

JEMAAT KRISTEN YANG RIIL

MULAI MENANAM LELE